Senin, 27 Februari 2012

Ghost Story from Japan – Toire no Hanako

Yoho, kali ini author mau membahas tentang dua hantu dari Jepang yang sudah sangat terkenal. Mereka tidak hanya terkenal di Jepang saja, tapi juga di luar negeri juga. Bahkan ada salah satu film Hollywood yang membuat versi barat dari film Sadako Jepang, judulnya The Ring (1 dan 2).
Yang akan kubahas adalah TOIRE NO HANAKO (Hanako si Hantu Toilet). Hantu ini merupakan salah satu dari 7 keanehan di sekolah-sekolah Jepang. Hanako biasanya keluar atau muncul di toilet perempuan di gedung SD. Tetapi kabarnya, sekarang Hanako tidak hanya muncul di gedung SD, tapi juga di muncul di SMP dan SMA.


Hanako merupakan mitos yang cukup terkenal di Jepang. Bahkan banyak anak-anak SD yang mengetahui cerita Hanako ini. Youkai (hantu) ini sering ditampilkan dalam Anime, Manga, Film, dan Dorama Jepang. Sosok Toire no Hanako ini katanya adalah anak perempuan dengan rambut Bob dan memakai rok merah. Dia hanya muncul pada pukul 04.44 sore.
Hantu Hanako ini mulai berawal pada tahun 1950-an. Pada saat itu dihebohkan dengan penampakan hantu anak perempuan berambut Bob pendek dengan rok merah di toilet. Menurut asal-usulnya, Hanako ini adalah arwah dari seorang anak perempuan yang lari dari kejaran ibunya. Dia kemudian bersembunyi di toilet sekolahnya. Namun akhirnya, dia berhasil ditemukan oleh ibunya dan kemudian dibunuh oleh ibunya. Tapi ada juga yang mengatakan kalau Hanako itu arwah anak perempuan yang mati di-bom saat sedang bersembunyi di toilet.


Kehebohan hantu Hanako ini berulang pada tahun 1980-an di Jepang, dimana tidak lagi dijumpai di SD tetapi juga di SMP dan SMA. Pada saat itu, Hanako bisa dijumpai di toilet perempuan maupun laki-laki. Hal ini disebabkan karena toilet itu dulu bekas toilet perempuan yang direnovasi atau juga mungkin dulunya merupakan toilet Unisex.
Beberapa murid Jepang percaya bahwa untuk dapat melihat Hanako. Kita harus memanggil-manggil nama ‘Hanako’. Jika Hanako merespon, maka dia akan menjawab, “Ya, aku ada disini”. Atau juga si hantu Hanako akan menampakkan diri dengan sosok anak perempuan berambut Bob dan memakai rok merah selutut. Banyak murid-murid di Jepang yang menjadikan keberadaan Hanako ini sebagai ajang uji nyali (biasanya mereka melakukannya di musim panas). Ada juga yang memanfaatkan keberadaan hantu Hanako ini untuk mengerjai temannya dengan menguncinya di toilet. Beberapa orang mengatakan bahwa Hanako akan muncul saat ada orang yang sedang ketakutan.
Keberadaan Hanako ini tidak membahayakan, baik jiwa maupun fisik. Jika seseorang melihat Hanako, Hanako tidak akan mengejar. Dia hanya akan menampakkan diri dan tidak menteror mental atau menebar dendam. Konon, Hanako adalah hantu yang baik dan suka menolong disaat ada orang yang sangat membutuhkan bantuan. Ada juga yang menganggap bahwa Hanako adalah pembawa keberuntungan.
So, jangan takut kalau umpamanya Toire no Hanako muncul. Dia nggak akan melakukan apapun, cuma muncul aja (mungkin?). Haha…..

Take with full credit! 


Tidak ada komentar: